Tips mengamankan hotspot (wifi)

Era Wifi telah dimulai, bertambah semarak lagi perkembangan wifi di Indonesia sejak dibebaskannya frekuensi 2.4Ghz penggunaannya oleh pemerintah, jadi berbagai jaringan wifi atau hotspot mulai bertebaran di kota-kota besar di tanah air kita, namun perkembangan ini ditandai harap-harap cemas oleh para pemilik hotspot, takut kebobolan. Pertanyaanya adalah bagaimana mengamankan atau meminimalkan resiko keamanan dari hotspot kita, berikut ini adalah beberapa tips untuk melindungi jaringan hotspot anda:


1. Aktifkan penggunaan enkripsi WEP dan WPA anda, gunanya adalah agar tidak sembarang orang bisa masuk, dengan sistem ini setiap komputer punya kewenangan berbicara dengan sesama anggota worgroupnya, diluar anggota "dilarang masuk", WEP dan WPA juga mampu mengamankan dari tindak "menyadap" lalu lintas data pada jaringan wifi anda, jadi data-data seperti username, password, rekening bank, surat cinta dan yang lain juga, kemungkinan cerah untuk terjadinya hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab tidak akan terjadi. Sebaiknya aktifkan WEP pada tingkat security yang maksimum misal 128 bit, dan gantilah passwordnya secara berkala, misal 3-4 hari sekali.

2. Sembunyikan Service Set Id (SSID) pada akses poin anda, karena dengan SSID diset Open, maka mudah ditemukan oleh orang lain yang melakukan scanning jaringan wifi, bisa jadi orang tersebut punya niat buruk untuk secara paksa masuk ke dalam jaringan hotspot anda.

3. Daftarkanlah MAC address komputer/laptop client anda, pada fitur MAC address Filtering di akses poin anda, agar komputer lain yang ingin mengakses hotspot anda bisa terhalang, jadi jika ada komputer lain yang mau masuk harus izin dahulu kepada kita.

4. Lakukan scanning pada jelas jaringan anda, siapa tahu, ada ip address lain yang asing yang sedang mengakses atau ada di network anda, karena itu gunakan ip address statis, jangan dinamis, lebih baik pula gunakan ip address yang berbeda antara akses poin dan jaringan lokal/gateway anda.

5. Peringkah membaca di internet pada situs-situs yang membahas security, siapa tahu ada pada buku driver access poin anda, seperti baru-baru ini terjadi pada driver wifi notebook merek Apple yang memungkin bisa di attack secara remote, bila perlu update firmware device wifi anda, tapi hati-hati update firmware bisa menimbulkan resiko kerusakan perangkat wifi anda, carilah informasi sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar