Panda Antivirus for Netbook, Antivirus Ringan untuk Netbook

Panda Antivirus for NetbookInfo Komputer sekarang akan memberikan sebuah Review Software Antivirus yaitu Panda Antivirus for Netbook. Akhir-akhir ini netbook semakin digemari masyarakat karena selain bentuknya mungil dan praktis, harga netbook relatif lebih murah dibanding notebook. Apalagi netbook sekarang sudak dianggap cukup oleh masyarakat untuk mengerjakan tugas mereka. Data tahun 2008 menunjukan penjualan netbook meningkat setiap bulannya dan netbook pun menjadi salah satu alternatif masyarakat dalam memilih komputer.

Kekurangan Netbook

Netbook menggunakan prosessor khusus. Biasanya mereka menggunakan prosessor ultra-low voltage seperti Intel Atom ataupun Athlon Neo. Ini menyebabkan kemampuan netbook pun terbatas. Netbook tidak bisa menjalankan program yang membutuhkan kapasitas memori besar. Biasanya hal ini tidak menjadi masalah yang besar bagi pengguna netbook.

Apalagi biasanya mereka hanya menggunakan program-program ringan seperti MS Office ataupun digunakan untuk menjelajahi dunia maya. Tetapi hal ini menyebabkan pengguna netbook lupa menginstall antivirus pada netbook mereka. Antivirus konvensional memang memakan resource memory cukup besar dan membuat kinerja netbook lambat. Pengguna neetbook pun enggan menginstall antivirus pada netbook mereka.

Masalah Virus

Keengganan pengguna netbook menginstall antivirus berakibat fatal. Apalagi sekarang ini virus berkembang cepat. Sejak tahun 2000, perkembangan virus berlipat ganda. Bahkan pada tahun 2008 – 2009, jenis-jenis virus baru berlipat hingga 64 kali. Selain itu, bila dahulu virus hanya bersifat jokes, lalu berevolusi menjadi perusak file, maka saat ini virus menjadi alat untuk melakukan tindak kriminal.

Virus bisa dipakai untuk mencuri data seseorang. Celakanya, untuk membuat virus, tidak diperlukan kemampuan IT tinggi. Bahkan orang biasa pun dapat membuat virus untuk melakukan kejahatan. Bila komputer sudah terinfeksi virus, akibatnya banyak.

Misalnya kapasitas memory atau hard disk berkurang, kecepatan browsing menurun drastis, registry Windows rusak, dan paling parah adalah data penting dicuri. Contohnya nomor kartu kredit bila anda sering berbelanja online, akun dan password dari beberapa situs, atau dokumen penting.

Panda Antivirus for Netbooks

Jadi apa yang harus dilakukan pengguna netbook? Panda Security menawarkan Panda Antivirus for Netbooks. Antivirus ini sudah diintegrasikan ke Intel Atom, dan juga menggunakan resource kecil, sehingga netbook tidak terganggu aktivitasnya. Selain itu, teknologi Collective Intellegence dan TruPervent 2.0 pada Panda Security cukup handal menghadapi virus lokal dan internasional.

Screenshot Panda Antivirus for NetbookCollective Intellegence

Teknologi Collective Intellegence dari Panda Security sendiri adalah sebuah database yang bekerja online dan realtime. Database ini menyimpan semua jenis signature files, menyimpan semuanya secara minimum. Semua pengguna Panda adalah sebuah sensor untuk malware baru, lalu mengirimkan data tentang malware tersebut kembali ke dalam cloud (server).

Panda Security adalah vendor antivirus pertama yang menerapkan hal ini. Infrastruktur, pengetahuan, dan pengalaman untuk mengaplikasikan Collective Intellegence telah merambah ke berbagai produk komersial.

TruPrevent 2.0

Teknologi yang sekarang ini sebenarnya memiliki sebuah kelemahan. Kita herus terserang virus dahulu sebelum menghapusnya, sehingga teknologi ini tidak dapat melindungi kita dari ancaman virus yang belum terdaftar dari database virus tersebut. Dengan teknologi TruPrevent, kelemahan tersebut dapat tertutupi dan melindungi anda dari serangan virus yang belum diketahui asal muasalnya.

Teknologi TroPrevent memberikan layer kedua untuk menganalisa pelaku semua program yang ingin masuk ke komputer dan memblokir semua program yang memberikan dampak negatif pada komputer.

Selain itu Panda Security juga memiliki Anti Banking Trojan sehingga membuat anda dapat melakukan transaksi onlne atau online banking dengan aman. Panda USB vaccine yang disertakan Panda Antivirus for Netbooks memberi keamanan ekstra dari virus yang berasal dari USB storage device seperti flash disk atau hard disk eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar