Motorola FlipOut, Ponsel Kotak yang Menawan

Motorola FlipOutMotorola, raksasa ponsel asal Amerika telah banyak meluncurkan ponsel QWERTYnya yang bersistem operasi Android OS. Kini hadir produk teranyar Motorola, ponsel berbentuk persegi dilengkapi dengan keyboard qwerty model geser putar dilabel dengan nama FlipOut. Sayang kehadiran Moto FlipOut keduluan dengan Nexian She yang juga memiliki kesamaan bentuk. Motorola FlipOut resmi beredar di Indonesia pada akhir Juni 2010 dan dibanderol dalam kisaran harga 3,2 jutaan rupiah. Berikut selengkapnya tentang Motorola FlipOut.

Desain
BENTUK BUJUR SANGKAR, BANYAK PILIHAN WARNA GAUL

Berdimensi panjang 67mm, lebar 67mm dan berat 120 gram, Motorola FlipOut merupakan ponsel berbentuk bujur sangkar yang kecil dan tipis. Desain tumpul pada sudut bodynya, mempercantik dan menghilangkan kesan kaku untuk sebuah ponsel berbentuk kotak ini. Ditunjang sebuah display berukuran 2,8 inchi, nampak memenuhi hampir seluruh bodynya. Moto FlipOut ini memiliki desain keyboard slide setengah putar, apabila digeser slidernya tampak papan tombol qwerty tersusun lima baris. Desain seperti ini sama persis dengan Nexian She. Seluruh body Motorola FlipOut terbuat dari bahan plastik, hanya pada panel slide depan yang sisi belakangnya terbuat dari logam. Dalam peluncurannya, FlipOut ada banyak pilihan warna yang gaul diantaranya : White, Fairway Green, Poppy Red, Raspberry Crush, Brilliant Blue, Licorice, Saffron, masing-masing pilihan warna dibekali dengan cover baterai warna-warni pula dalam tiap kemasannya.

Display
KUALITAS WARNA DAN GAMBAR BURUK, PUDAR SAAT KENA CAHAYA MATAHARI

Pilihan Warna Motorola FlipOutMotorola FlipOut mengadopsi sebuah layar sentuh TFT kapasitif beresolusi 320 x 240 piksel dengan jumlah warna sebanyak 256.000 warna dan berukuran 2,8 inchi. Cukup besar memang displaynya hampir tidak ada ruang tersisa di sisi kanan kiri ponsel ini. Kelebihan dari display FlipOut ini adalah memiliki tingkat respon yang sangat bagus saat jari-jari beroperasi pada displaynya. Sayangnya, kualitas gambar sangat buruk, juga saat pemakaian pada luar ruang. Display FlipOut cenderung meredup dan tidak terlihat sama sekali saat pemakaian langsung terkena cahaya matahari.

Keyboard
TOMBOL BESAR, NYAMAN UNTUK MENGETIK CEPAT

Motorola FlipOut memiliki desain keyboard slider geser setengah putar, tombol-tombolnya gede dan menonjol, juga karakter hurufnya jelas sekali. Susunan tombol lima baris kebawah, persis dengan susunan keyboard pada PC atau Notebook. Dalam hal ini Motorola telah melakukan pekerjaan yang sempurna pada produknya. Saat uji pemakaian tim KOMeleTEK, keyboard qwerty FlipOut memang luar biasa, sangat empuk ketika memencet tombol-tombolnya, juga terasa nyaman ketika melakukan pengetikan cepat. Sayang tombol D-pad yang ada di sebelah kiri bawah terasa kurang nyaman saat pemakaian.

Sistem dan Navigasi Menu
KOLABORASI Eclair DAN MOTOBLUR, SANGAT MUDAH DIOPERASIKAN

Motorola dikemas dengan sistem operasi Android 2.1 Éclair dipadu dengan MOTOBLUR sebagai interfacenya. Secara homescreenya, Motorola masih mempertahankan homescreen gaya Android, namun ada penambahan aplikasi-aplikasi jejaring sosial menghiasi tampilan homescreen Moto FlipOut ini. Motorola mengaplikasikan sebanyak tujuh papan homecreen, setiap ponsel wajib memiliki widget untuk memudahkan navigasi penggunaan aplikasi-aplikasinya. Dalam hal ini Motorola lebih memfokuskan penggunaan widget untuk keperluan akses dengan situs-situs jejaring sosial. Yang baru pada homescreen Motorola FlipOut ini adalah penambahan shortcut untuk update pada situs jejaring sosial semacam Facebook, Twitter.

Multimedia
KUALITAS SUARA SPEAKER INTERNAL TIDAK BAGUS

Motorola FlipOut memiliki Galeri gambar dan foto yang berpenampilan dengan efek 3D dengan gaya animasi yang halus. Pengaturan pada galeri Moto FlipOut juga sangat familiar bagi pengguna yang baru mengenal perangkat Android. Galeri Motorola FlipOut tidak hanya dapat menampilkan gambar dan foto, namun pengguna juga dapat memilih file-file video dengan galeri ini. Pemutar video Motorola FlipOut sendiri juga tidak terlalu menonjol dalam tanpilannya, masih menggunakan standar bawaan Android. Semua file-file video semacam MP4/WMV/H.264/H.263/XviD dapat dimainkan pada pemutar video Moto FlipOut ini, namun sayang file dalam format Div-X masih belum bisa dimainkan. Pada resolusi display WQVGA (400x 240 piksel). Meskipun file-file video tersebut memiliki ukuran besar tetap bisa dimainkan, namun membutuhkan ekstra daya yang dapat mengakibatkan boros pada baterainya. Pemutar music Motorola FlipOut juga masih standar bawaan Android, namun banyak yang bisa dilakukan oleh pemutar musik Android ini. Ada beberapa fitur yang menonjol pada pemutar musik Moto FlipOut ini, seperti pengoleksi album secara otomatis dan menampilkan lirik pada tiap-tiap lagu yang diputar. Meski ponsel kotak ini tidak bagus dalam kualitas suara dari speaker internalnya, namun sangat mengagumkan ketika FlipOut dihubungkan dengan perangkat audio lain semisal home theater atau stereo amplifier pada mobil. Suara stereonya terdengar sempurna dan sangat lembut. Moto FlipOut dibekali penyimpan internal sebesar 150 megabyte ditambah dukungan slot kartu microSD hingga 32 gigabyte.

Kamera
HASIL FOTO DAN VIDEO KURANG MEMUASKAN

Motorola membekali FlipOut dengan kamera 3 megapiksel beresolusi maksimal 2048 x 1536 piksel, berfitur Geo-tagging, sayangnya tidak terdapat lampu kilat. Kamera User Interface FlipOut cukup sederhana dan sangat mudah dalam penggunaan. Bentuk bodi kotaknya sangat tidak nyaman saat pengambilan foto dan rekam video. Ketika slider posisi tertutup, yang terjadi adalah pengambilan gambar pada mode portrait, jika ingin mengambil dengan posisi landscape, slider harus dalam posisi terbuka. Dalam pengujiannya, hasil kamera FlipOut sedikit buram dan tidak benar-benar fokus, namun kualitas warna bisa diandalkan, hampir persis dengan objek aslinya. Juga dengan hasil rekam videonya, kamera FlipOut dapat menghasilkan rekaman video dengan resolusi maksimal 352 x 288 piksel@30fps, sayangnya gambarnya cenderung buram dan gelap namun pergerakan objeknya sangat halus tidak patah-patah.

Koneksi dan Akses Data
KONEKSI CEPAT DAN DUKUNGAN FLASH PADA BROWSER ANDROID

FlipOut beroperasi dalam jaringan GSM 850/900/1800/1900, 3G HSDPA 900/2100 bisa digunakan disemua jaringan GSM diseluruh dunia. Koneksi HSDPAnya hingga 7,2 Mbps untuk downlink dan 2 Mbps untuk uplink. Koneksi local dengan PC atau Notebook, Moto FlipOut dilengkapi dengan Bluetooth v 2,1 A2DP dan microUSB. Juga dilengdengan koneksi Wi-Fi 802.11 b/g/n untuk kebutuhan berinternet di area Hotspot. Browser standar bawaan Android memang tidak diragukan kemampuannya, penambahkan flash pada browser FlipOut ini menanbah kesempurnaan dalam menjelajah dunia maya. Situs-situs web yang mengandung konten-konten flash dapat dibuka dengan tidak ada kendala. Performa browser juga sangat cepat.

Ketahanan Baterai
DAYA TAHAN BATERAI NORMAL

Motorola FlipOut dibekali denganpenyokong daya sebuah baterai standar Li-Ion 1130 mAh yang memiliki waktu siaga hingga 365 jam beroperasi dalam jaringan 2G, hingga 380 jam dalam 3G. Sedang waktu bicara hingga 6 jam dalam jaringan 2G, hingga 4 jam 30 menit dalam jaringan 3G. Untuk perangkat Android, ketahanan baterai Motorola FlipOut ini adalah standar, dalam pemakaian normal.

Spesifikasi Motorola FlipOut :

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, 3D HSDPA 900/2100; Dimensi: 67 x 67 x 17 mm, 76 cc. berat 120 gram; Display: Layar sentuh TFT kapacitive, 256K warna, resolusi 320 x 240 piksel, ukuran 2,8 inchi, QWERTY keyboard, Accelerometer sensor UI, auto-rotate, Proxymity sensor auto turn-off, Multi-touch input method, MOTOBLUR UI v1.5 with live widgets; Suara: Dering MP3 dengan getaran, Speakerphone; Penyimpanan: Internal 150 MB, 512 MB RAM, 512 ROM, dukungan slot kartu, microSD, hingga 32GB, 2GB bawaan; Akses Data: GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), microUSB v 2.0; Kamera: 3.15 MP, 2048x1536 piksel, fitur: Geo-tagging, video, 352 x 288, @26-30 fps; Sisten Operasi: Android OS, v2.1 (Éclair); Prosessor: TI OMAP3410 600 MHz; Pengolah pesan: SMS, AMS, MMS, Email, Push Email, IM; Browser: WAP 2.0/xHTML, HTML; Fitur: Stereo FM radio RDS, Games, A-GPS support, Java, Digital compass, Google Maps dengan Street View, Social networking integration, live updates, Facebook, MySpace, Twitter apps, MP3, eAAC+/WAV player, MP4/WMV/H.264/H.263/XviD player, Organizer, Document viewer (Word, Excel, PowerPoint), Voice memo/dial, T9; Pilihan warna: White, Fairway Green, Poppy Red, Raspberry Crush, Brilliant Blue, Licorice, Saffron; Baterai: Standar baterai, Li-Ion 1130 mAh, waktu siaga hingga 365 jam (2G) / hingga380 jam (3G), waktu bicara hingga 6 jam (2G) / hingga 4 jam 30 menit (3G).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar