Mengganti Tema Chrome, Firefox & Opera

Jika anda bosan dengan tampilan tema web browser, ada baiknya mencoba sesuatu yang baru, yaitu mengganti tema default yang itu-itu saja dengan tema baru yang tak kalah ciamik

Tentu saja bukan sebuah keahlian tingkat tinggi yang dibutuhkan untuk pekerjaan seperti ini, misalnya kemampuan programing PHP atau html, yang diperlukan hanya memilih antara tema yang tersedia dengan selera kita sebagai pengguna.

Apakah semua browser bisa diubah tampilannya? Kita tidak akan membahas semuanya di sini, tapi hanya 3 browser saja berdasarkan popularitas dan banyak penggunanya, yaitu: Mozilla Firefox, Google Chrome dan Opera.

Mozilla Firefox

Mengganti tema Mozilla Firefox dengan gaya dan warna kesukaan tentu membuat kita tidak bosan-bosan sering browsing dengan perambah ini. Seperti yang kita tahu, Firefox paling terkenal dan banyak digunakan user internet. Selain gratis, web browser ini mudah ditambah bermacam ekstensi bermanfaat, termasuk diantaranya pengelola tema.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengganti tema Mozilla Firefox:

  1. Buka browser Mozilla Firefox
  2. Masuk ke alamat ini: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/themes/
  3. Pilih tema yang anda suka, setelah itu klik pada gambar yang anda pilih.
  4. Ditampilan berikutnya, klik Continue to Download > Add to Firefox > klik Install Now > tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai > klik Restart Now.
  5. Kini secara otomatis Mozilla Firefox anda sudah ganti theme dengan tampilan baru.
Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser paling populer karena ringkas dan cepat, serta termasuk kemudahan ditambah berbagai ekstensi. Selain plugin dan ekstensi, berbagai macam tema tersedia bagi perambah milik Google ini. Jika anda agak bosan dengan tema yang sudah ada (default), maka dapat segera menggantinya dengan tema baru.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  1. Silahkan buka url: https://tools.google.com/chrome/intl/en/themes/index.html
  2. Silahkan pilih tema yang anda sukai.
  3. Klik pada Apply Theme, dan tunggu sampai proses unduh selesai.
  4. Setelah proses unduh selesai, maka secara otomatis Chrome akan mengganti temanya sendiri.
Opera

Opera tergolong lengkap sebagai perambah internet dengan berbagai fitur menarik menyertainya. Seperti halnya Firefox dan Chrome, tema Opera juga dapat diganti. Cuma perbedaannya, jika Chrome dan Firefox menggunakan Addon maka pada Opera menggunakan settingan bawaan browser ini.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti tampilan tema Opera anda:

  1. Buka Opera anda seperti biasa > klik Menu > pilih “Penampilan” atau tekan Shift+F12
  2. Di jendela “Penampilan” terdapat 2 pilihan skin: Windows Native Skin dan Opera Standar, anda bisa memilih salah satunya.
  3. Jika belum puas dengan kedua pilihan skin tersebut, silahkan beri centang di bagian “Cari Skin Lagi”.
  4. Akan ditampilkan berbagai macam tema dari internet > klik “Download” pada tema yang anda pilih > klik “Ya” bila anda ingin menyimpannya.
  5. Kini tema Opera anda telah berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar