Tips Membersihkan RAM (Memory)Tanpa restart

Terkadang, komputer kita bakal menjadi lambat setelah beberapa lama dipakai. Apalagi kalo kita banyak ngegunain software yang berat2 seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Sony Soundforge dsb. Biasanya setelah kita pakai aplikasi tsb komputer kita masih terasa lambat. Kemungkinan itu terjadi karena masih ada bekas data yang tersimpan dalam RAM, sehingga komputer kita pun jadi lambat. Salah satu cara untuk membersihkan RAM adalah dengan merestart komputer terlebih dahulu. Tapi kayanya ribet banget ya? Masa tiap kali abis pake Photoshop kita harus restart komputer melulu? Apalagi kalo komputer kita memiliki RAM dan prosesor yang jadul, pastinya lama banget kalo harus restart komputer cuman buat refresh RAM doang. Nah, saya punya solusinya nih biar kita ga usah restart komputer untuk membersihkan RAM. Dulu, saya pernah posting tentang Eboostr kan ya? Itu adalah aplikasi untuk menambah kapasitas RAM menggunakan media flashdrive. Cara ini bisa saja dilakukan, tapi perlu waktu yang lama juga. Kita harus install dulu aplikasinya, harus restart juga, dan harus menempelkan flashdisk tiap kali menggunakan komputer. Kalo menurut kamu cara ini terlalu rumit, saya punya cara yang lebih simpel dan bisa dilakuin oleh semua kalangan, awam maupun mahir. Perhatikan caranya di bawah ini:


1. Klik kanan mouse di desktop, pilih New - Shortcut.

Bersihkan RAM Tanpa Restart

2. Ketik %windir%\system32\rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks pada kolom isian yang muncul.

Bersihkan RAM Tanpa Restart


3. Klik Next.

4. Beri nama shortcut tadi, nama yang dapat diberikan bebas sesuai keinginan kamu, atau kamu lewat aja, namanya otomatis jadi rundll32.exe.


Bersihkan RAM Tanpa Restart

5. Klik Finish.

Kapan aja komputer kamu terasa lambat, klik shortcut yang udah kamu buat tadi untuk membersihkan RAM. Sebetulnya prinsip kerjanya mungkin sama aja kaya RAM Booster atau aplikasi sejenisnya, tapi ga kalah ko seperti software2 lainnya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat yaaa ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar