Safari 5

Lebih Cepat dan Terbuka Peramban tercepat di dunia kembali hadir dengan versi teranyar. Apa saja kelebihannya?
Hampir setahun berlalu sejak InfoKomputer menggelar adu peramban (browser). Tepatnya, pada edisi Mega Review, November 2009. Jika Anda masih ingat, saat itu yang kami nobatkan sebagai pemenang adalah peramban Safari 4 milik Apple. Dari tiga jenis benchmark yang kami lakukan, Safari unggul mutlak. Saingan terdekatnya cuma Google Chrome – yang notabene memakai engine serupa, WebKit, untuk melakukan rendering laman web.

Pada Juni lalu, Apple memperkenalkan versi terbaru peramban miliknya, Safari 5. Lebih gegas? Sudah pasti. Safari 5 di Mac diklaim lebih cepat rata-rata 35% dibanding Chrome 5, 40% dibanding Opera 10.53, dan bahkan nyaris 300% dibanding Firefox 3.6.
Pencapaian ini diraih berkat dua amunisi utama. Pertama, upgrade terhadap Nitro – engine untuk memproses JavaScript. Kedua, teknologi DNS prefetching dan perbaikan caching yang memotong durasi loading laman yang akan atau pun yang pernah dikunjungi. Oleh karena itu, tidak berlebihan memang kalau Apple mengklaim Safari sebagai “the world's fastest web browser”.
Dari segi tampilan, Safari 5 tidak banyak berubah dari pendahulunya. Tapi, tidak demikian halnya dari sisi feature. Ada beberapa fasilitas debutan yang bisa ditemui, antara lain Safari Reader, Safari Extensions, dan dukungan HTML5. Silakan simak pembahasannya satu per satu di boks. Yang pasti, ketiganya sangat menarik. (Erry FP)
***
Status “tercepat di dunia” tidak otomatis mengatrol popularitas Safari. Data StatCounter menunjukkan, Safari terpaku di posisi empat peramban terpopuler di dunia dengan raihan 4,09% (Juli 2010). Mampukah keberadaan feature baru, terutama Extensions, menggenjot pangsa pasar Safari?

Spesifikasi SAFARI 5
Jenis
Freeware
Besar Installer
31 MB
Pengembang
Apple
Situs Web
Sistem Operasi
Mac OS X, Windows XP SP2/Vista/7

Safari Reader
Jika Safari 5 mendeteksi halaman web yang mengandung berita atau artikel, akan ada tombol Reader di bagian kanan kotak alamat. Klik tombol tersebut, muncullah jendela pop-up yang berisi teks – dan jika ada, gambar – utama dari laman tersebut. Iklan, animasi, dan elemen-elemen lain yang kerap mengganggu kenikmatan membaca tidak akan ditampilkan.
Kami menjajal feature ini di situs-situs berita lokal seperti Kompas.com, Detik.com, dan tentu InfoKomputer.com. Semua berjalan dengan sempurna. Begitu pun dengan beberapa laman blog. Bagaimana kalau tombol Reader tidak muncul? Bisa jadi, laman tersebut memiliki desain HTML yang buruk.

Safari Extensions

Akhirnya, Apple membuka diri bagi pihak ketiga yang ingin membangun ekstensi di Safari 5. Kesempatan ini sudah sangat lama ditunggu, terutama oleh para developer dan fanboy (penggemar Apple). Untuk menampung hasil karya mereka, Apple bakal membuka extensions gallery dalam waktu dekat.

Saat ini, sejumlah koleksi ekstensi sudah bisa diunduh di SafariExtensions.org dan PimpMySafari.com. Sebelumnya, aktifkan dulu menu Develop di opsi Preferences dan centang Enable extensions. Salah satu ekstensi yang kami coba, AdBlock, bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kemunculan beberapa animasi iklan di salah satu portal berita lokal pun berhasil diblokir.


Dukungan HTML5
Apple sempat bersitegang dengan Adobe akibat surat terbuka Steve Jobs (CEO Apple) beberapa waktu lalu. Alih-alih Flash, Jobs menyatakan lebih memilih mendukung standar HTML5 sebagai penyusun elemen grafis dan animasi. Alasannya, HTML5 merupakan standar terbuka dan bukan proprietary seperti Adobe Flash.

Sebagai bukti keseriusannya, Apple kian menambah kelengkapan dukungan Safari 5 terhadap HTML5, antara lain kemampuan memutar video MPEG-4 dan H.264 secara full-screen serta feature geolokasi. Ketika kami uji di situs HTML5Test.com, peramban ini mencatat skor 207 (plus 7 poin bonus) dari poin maksimal 300. Ini merupakan skor paling tinggi di antara peramban lain yang kami jajal.

Plus     : Feature Safari Reader menyenangkan, debut Safari Extentions, kinerja semakin cepat, dukungan HTML5 semakin lengkap
Minus : Harus memasang QuickTime untuk memutar video di web, belum mendukung konfigurasi tema/kulit peramban
Skor Penilaian
- Penggunaan     : 4
- Kinerja              : 4,5
- Fasilitas            : 4,25
- Harga               : 5
- Skor Total         : 4,4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar