Multifox, Trik Login Lebih dari SATU AKUN

Secara default, sebuah program browser hanya bisa login menggunakan satu akun saja pada waktu tertentu, misalnya masuk ke email Gmail. Bila anda akan pindah akun Gmail yang lain, maka harus keluar terlebih dulu dari akun yang sedang aktif tersebut, baru bisa membuka akun yang lainnya.

Tapi, bila anda ingin dapat mengaktifkan beberapa akun sekaligus di saat bersamaan, hal ini tidak mustahil, terutama bila menggunakan program browser Firefox. Caranya adalah dengan menggunakan add-on yang disebut Multifox.

Multifox merupakan ekstensi Firefox yang memungkinkan tersambung dengan sebuah website menggunakan beberapa username yang berbeda. Jadi bila anda memiliki beberapa akun Gmail, anda dapat membuka semua akun Gmail tersebut secara bersamaan. Begitu ekstensi ini terinstall di Firefox, maka browser ini dapat mengakses setiap akun tanpa saling mengganggu.

Setelah Multifox di http://downloads.mozdev.org/br/multifox-1.0.3.xpi diinstall, maka pada Firefox akan muncul sub-menu tambahan di menu File, yaitu "Open in a New Identity Profile". Dengan sub-menu ini, anda bisa membuka jendela baru menggunakan cookie (semacam setting profile dari sebuah situs) yang sama sekali terpisah dari jendela yang sudah terbuka, sehingga anda bisa mengaktifkan akun lain di jendela baru.

Menu tambahan tersebut juga muncul jika anda mengklik sebuah link pada sebuah situs, dan juga klik kanan pada bookmark. Klik menu tersebut untuk mengaktifkan akun lain pada jendela baru selain akun yang sudah aktif.

Saat sedang mengaktifkan beberapa akun sekaligus di saat bersamaan (pada jendela yang berbeda-beda), akan terlihat semacam icon warna biru di address bar yang menunjukan jumlah akun yang sedang aktif digunakan.

Berikut ini adalah garis besar fitur-fitur yang disediakan Multifox:

1. Login disimpan dengan cara yang sama seperti jendela (window) biasa, bahkan saat jendela tersebut ditutup ataupun keluar dari Firefox.

2. Profil dan identitas setiap window akan disimpan dan dapat digunakan saat Firefox kembali dibuka.

3. Window baru yang dibuka akan memiliki profil identitas sama seperti window asal dibuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar