fitur baru Gmail, bisa telpon langsung dari komputer

Google Wave dan Google Buzz mungkin sulit untuk menarik pengguna. Namun kemampuan baru yang dimiliki Gmail, yaitu menelpon langsung dari komputer pemilik akun Gmail tampaknya telah merebut hati para pengguna internet di seluruh dunia. Terbukti, saat pertama kali diluncurkan, tercatat ada jutaan pengguna Gmail telah melakukan panggilan telepon setiap harinya.


Fitur ini diluncurkan dari jendela Google Chat di sisi kiri bawah halaman Gmail dan memungkinkan pengguna menerima panggilan dari dalam kontak mereka melalui sebuah antarmuka yang mirip dengan yang digunakan di Google Voice.

Pengembangan ini telah dilakukan Google sejak beberapa waktu terakhir. Hal ini bisa dilihat sejak diluncurkannya Google Talk setahun lalu sebagai VoIP (voice over Internet Protocol) desktop client. Selain itu Google juga mengembangkan Google Voice, layanan yang memungkinkan pengguna memiliki satu nomor telepon yang berdering di beberapa telepon.

Fitur baru ini berbeda dengan Google voice atau video chat yang lebih dulu ada, dimana hanya bisa digunakan antar sesama pengguna Gmail. Gmail Call memungkinkan pengguna menekan nomor telepon mana pun ke seluruh dunia, baik telepon genggam maupun telepon rumah. Tampaknya cara ini dilakukan Google untuk menyaingi Skype.

Pihak Google menyatakan bahwa fitur ini sudah diuji coba secara internal dan hasilnya sangat memuaskan dalam segala situasi. Untuk saat ini, para pengguna Gmail bisa menelpon ke Amerika Serikat dan Canada gratis sampai akhir tahun depan. Google juga menerapkan tarif murah, yaitu dua sen per menit bagi pengguna yang akan menelpon Inggris, Prancis, Jerman, Cina dan Jepang.

Para pengguna dapat bercakap-cakap di telepon dengan menggunakan speaker dan mikrofon yang built in dengan komputer mereka dengan terlebih dahulu mengunduh dan menginstall voice plugin.

Keuntungan menggunakan fitur baru google ini adalah para pengguna dapat melihat panggilan tidak terjawab di layar Gmail. Kemudian si pengguna bisa langsung klik nomor telepon untuk menghubungi kembali dan mengobrol melalui komputer. Panggilan ini tidak mahal, karena tidak dihitung pulsa panggilan ke ponsel. Selain itu, pengguna tak perlu memberitahu siapa pun kecuali nomor telepon yang dituju kepada "Google Voice"

Menurut sejumlah pengamat, layanan telepon via emal ini bakal mengancam perusahaan berbasis telekomunikasi lainnya, seperti Skype. Skype adalah perusahaan yang memungkinkan konsumen melakukan panggilan dari komputer ke telepon. Skype menjadi populer karena menawarkan layanan suara dan video gratis antar komputer.

Jadi, jangan kaget saat anda membuka akun Gmail, kemudian ada tawaran untuk melakukan panggilan telepon melalui email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar