Review Software: pptPlex

Salah satu kelebihan Microsoft PowerPoint adalah membuat presentasi PowerPoint menjadi semakin menarik.

Salah satu kemampuannya yang terbaik adalah  untuk menerima fungsi-fungsi tambahan melalui sebuah program “kecil” yang kerap disebut dengan plugin atau add-in. Nah, bila Anda bosan dengan model presentasi yang itu-itu saja, coba gunakan add-in pptPlex.

Add-in pptPlex tersebut akan memberikan nuansa presentasi yang berbeda. Pada presentasi PowerPoint yang biasa, setiap slide akan muncul satu persatu dengan atau tanpa efek transisi. Dengan pptPlex, presentasi bisa ditampilkan seolah menjadi satu kesatuan di dalam halaman tertentu. Slide tertentu yang akan ditayangkan merupakan bagian dari halaman tersebut dan ditayangkan dengan cara diperbesar (zoom) menggunakan efek tertentu.

Kelebihannya adalah anda dapat membuat presentasi yang lebih dinamis dan menarik. Untuk mendownloadnya, anda bisa mengklik link dibawah ini (3,85 MB):

DOWNLOAD pptPlex

Instalasinya cukup mudah. Anda tinggal menjalankan file pptPlex.msi dan mengikuti langkah-langkah panduan instalasinya. Setelah selesai, pada PowerPoint akan muncul tab baru, yaitu tab pptPlex.

Slide presentasi dikumpulkan di dalam satu halaman yang disebut dengan Canvas. Untuk memilih Canvas, klik tombol Canvas Background yang terdapat pada tab pptPlex. Dengan mengeklik tombol tersebut, akan muncul sebuah daftar yang berisi gambar latar belakang yang dapat dipilih. Canvas tersebut setara atau dianggap sebagai slide pertama jika dibandingkan dengan presentasi PowerPoint biasa.

Canvas didesain untuk mengandung area-area tertentu yang disebut dengan section. Setiap section nantinya dapat diisi dengan satu atau beberapa slide.

Setelah penempatan kanvas, buatlah slide yang menjadi judul presentasi. Slide berisi judul presentasi dapat ditempatkan pada area khusus. Umumnya area tersebut akan bernama “Slides before 1st Section Divider”.

Setelah itu, buatlah slide-slide berikutnya dan tempatkan pada seksiseksi yang tersedia. Setelah semua tertata, jalankan presentasi (slide show) dengan mengeklik salah satu tombol berikut:

• From Overview: menampilkan presentasi mulai dari tampilan canvas.

• From First Slide: menampilkan presentasi mulai dari slide pertama.

• From Current Slide: menampilkan presentasi mulai dari slide terseleksi.

Navigasi presentasi dapat dilakukan baik dengan keyboard maupun mouse. Bila dilakukan dengan mouse, Anda dapat mengeklik dan menarik kanvas untuk menggesernya. Bahkan navigasi juga bisa dilakukan dengan Wii Controller.

Dengan pptPlex, Anda juga bisa menampilkan dokumen Microsoft Office lain seperti Word dan Excel. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi bersusah payah menata isi dokumen tersebut ke dalam slide karena dapat langsung ditampilkan apa adanya.

Add-in pptPlex ini juga menyediakan fasilitas untuk membuat kanvas sendiri. Jadi bila Anda tidak suka dengan kanvas bawaan, Anda bisa membuatnya sendiri. Kanvas buatan sendiri ini pada dasarnya hanyalah gambar biasa yang nantinya digunakan sebagai latar belakang. Yang perlu diperhatikan adalah, gambar tersebut sebaiknya mengandung banyak ruang kosong yang nantinya bisa diisi dengan slide.

Kelemahannya adalah hasil presentasi anda akan menjadi lebih berat jika komputer/laptop anda berspesifikasi rendah. Tapi itu tidak akan jadi masalah.

Nah, dengan model presentasi yang tidak biasa ini, Anda bisa membuat kolega, klien, teman, guru, atau atasan Anda berdecak kagum.

1 komentar: