FastStone Capture

FastStone CaptureMenyimpan gambar yang tampil di layar mungkin merupakan pekerjaan yang mudah. Dengan berbekal tombol Print Screen saja kita sudah bisa memotret seluruh tampilan layar atau bisa juga window yang aktif ( Alt+Print Screen). Tetapi bagaimana jika ingin memotret area tertentu atau scrolling window?

Salah satu software terbaik untuk melakukan hal tersebut menurut kami adalah FastStone Capture. FastStone Capture sangat handal, ringan, namun penuh dengan berbagai fitur perangkat screen capture yang memungkinkan untuk  memotret tampilan di layar termasuk window, objek, menu, layar penuh, daerah persegi panjang / freehand dan bahkan bisa melakukan scrolling window/ halaman web dengan mudah.

Anda dapat memilih untuk mengirim hasil capture ke editor, file dokumen, clipboard, printer, email, Word / PowerPoint atau upload ke website. Alat editing termasuk annotating (teks, garis arrowed, menyoroti), mengubah ukuran, cropping, sharpening, watermarking, menerapkan efek tepi dan banyak lagi. Program ini juga memungkinkan untuk merekam kegiatan layar dan suara ke file video sangat padat. Fitur lain termasuk hotkeys global, generasi nama file otomatis, dukungan untuk editor eksternal, color picker, screen magnifier dan screen ruler.
FastStone Capture dapat menyimpan file dalam format  BMP, GIF, JPEG, PCX, PNG, TGA, TIFF dan PDF.

FastStone Capture sangat cocok untuk para blogger terutama untuk yang berkecimpung dalam bidang tutorial. Fitur-fitur FastStone Capture

1. scrolling window/website. Tetapi untuk memotret/mengambil screenshot website yang menggunakan scrollbar di aplikasi apapun. Inilah salah satu fitur yang cukup powerfull dan jarang dimiliki oleh screen capture lainnya ( dan meski sebagian punya, tetapi kadang terbatas) adalah menyimpan scrolling window. Dengan fitur ini kita bisa menyimpan halaman yang mempunyai tampilan memanjang kebawah ( mempunyai scroll bar naik/turun), seperti halaman website, dokumen, bahkan sampai tampilan direktori windows.

screenshot KOMeleTEK

2. Screen Recorder (Perekam Layar) merekam semua aktivitas pada monitor Anda (atau dalam sebagian yang ditunjuk dari monitor Anda)dan menyimpan file dalam bentuk video lengkap dengan audio yang dapat diputar setiap saat.

3. Hasil keluaran (dibawa kemana) bisa di tentukan (image editor bawaan, clipboard, file, clipboard, Word, PowerPoint, upload ke web atau printer)

4. Mampu menyimpan gambar dilayar, dengan opsi penyimpanan:

  • Window aktif saja
  • Seluruh layar yang tampil (Full Screen)
  • Menyimpan tampilan object saja, misalnya toolbar
  • Area tentetu persegi saja dengan menggerakkan mouse
  • Area tertentu (gambar) tidak beraturan

5. Image editor bawaan yang mempunyai berbagai fitur seperti :

  • Garis panah
  • Drop shadow
  • Resize, crop, zoom in/out
  • Memberi tanda bagian penting (highlight)
  • Menyimpan dalam format : BMP, JPG/JPEG, JPEG2000 , PNG, GIF, TIFF, TGA dan PDF

6. Screen Magnifier, color picker

7. Tampilan yang kecil dan ringan, serta portable sehingga mudah digunakan dan di tempatkan dimana saja di layar.

8. Penggunaan memory yang kecil

9. Mampu menggunakan keyboard shortcut dan terintegrasi dengan Print Screen windows.

Dan masih banyak lagi..

Itulah review FastStone Capture, sebuah software pemotret layar yang mini tapi maksi. Untuk download silahkan anda kunjungi http://www.faststone.org/FSCaptureDetail.htm

Selamat mencoba dan Tetap Semangat!

 

HdS… :)

1 komentar: