Tips Membeli Laptop Bekas (second)


Kali ini saya ada sedikit tips tentang tips membeli laptop bekas. Dikarenakan laptop sudah merupakan kebutuhan hampir bagi setiap kalangan.
Harga laptop hingga kini masih tergolong mahal, karena itu membeli laptop bekas / second pun kerap kali menjadi pilihan. Membeli laptop bekas bisa jadi pilihan menarik. Misalnya, Anda ingin menghemat uang atau sekedar membelikan laptop bagi anak agar melek komputer. Apapun alasannya, berikut beberapa tips membeli laptop bekas berkualitas:


1. Perhatikan Seksama Fisik Laptop

Casis
Kondisi dari casis laptop mengindikasikan apakah laptop bekas dirawat dengan baik atau tidak. Perhatikan baik-baik seluruh casis laptop sehingga Anda tak menyesal di kemudian hari karena tak cermat mengamati kerusakan yang terjadi, jangan sampai setelah barang di bawa pulang baru ketahuan cacatnya.

LCD / Layar Laptop
Layar LCD laptop adalah salah satu komponen paling mahal. Karena itu, pastikan layar laptop masih mampu bekerja dengan baik , periksa kondisi layarnya juga, periksa dengan teliti, apakah pewarnaan pada layar masih baik (RGB) dan jangan lupa cek juga adanya dead pixel di layar LCD.

Keyboard dan Touchpad

Pastikan keyboard dan touchpad laptop masih berfungsi baik, periksa setiap tombol keyboard dengan teliti, jangan lupa juga periksa pegasnya apakah masih berfungsi dengan baik (masih mentul-mentul apa nggak), untuk touchpad periksa apakah gerakannya sesuai dengan pergerakan tangan Anda, cek tingkat sensitifnya. Hal ini sangat penting karena mengganti keyboard dan touchpad, selain membutuhkan biaya juga tidak semudah serti halnya di PC desktop.

2. Perhatikan Seksama Komponen Dalam Laptop


Prosesor
Untuk saat ini, sebaiknya Anda membeli laptop bekas berprossesor minimal Pentium III , apalagi bila Anda mempunyai dana yang sangat terbatas seperti sahabat saya. Kenapa memilih processor ini? Prosesor ini masih mampu menjalankan sistem operasi modern seperti Windows XP dengan cukup baik.

Memori
(RAM)
harga memori RAM biasanya murah saat ini. Teliti kapasitas RAM dan periksa apakah bisa diupgrade dengan mudah jika suatu saat Anda menginginkannya. Disarankan agar laptop punya kapasitas RAM minimal 512 Mb. Jika laptop yang akan Anda beli ternyata RAMnya lebih rendah dari 512Mb tanyakan pada penjual apakah mempunyai RAM dengan kapasitas 512Mb, sesuaikan juga dengan dana Anda.

Kapasitas Harddisk
Laptop lama mungkin hanya punya kapasitas harddisk maksimal 40 GB, bahkan ada yang hanya 10 GB. Tentukan kapasitas yang memenuhi kebutuhan Anda dalam menyimpan data.

Baterai
Baterai laptop bekas biasanya lemah. Pertimbangkan apakah Anda memerlukan baterai baru. Jika misalnya laptop hanya dipakai di rumah, Anda mungkin tak perlu baterai baru dan bisa mengandalkan daya listrik.
 Support WiFi
jika ada pilihlah yang sudah mempunyai WiFi onboard, apabila Anda tidak menemukannya, pastikan terdapat slot USB atau PCMCIA untuk menempatkan WiFi eksternal bila kelak Anda harus membelinya.

3. Tanyai Diri Anda


Tanyakan pada diri Anda apakah sudah mantap membeli laptop bekas. Apakah laptop bekas tersebut kira-kira bisa bertahan cukup lama atau apakah tidak sebaiknya Anda menunggu waktu untuk membeli yang baru? Ingat, harga laptop baru makin menurun seiring perkembangan teknologi. Namun jika Anda sudah mantap membeli laptop bekas dengan mempertimbangkan berbagai untung rugi, lakukan saja.
4. Satu lagi tambahan tips membeli sebuah laptop / notebook second yaitu:
ü  Cek garansi. Jika laptop second yang akan Anda beli masih ada garansinya, cek apakah nomor seri dan tempat pembeliannya benar.
ü  Cek seri laptop tersebut di dealer resminya. Hal ini dimaksudkan agar laptop bekas tersebut bukan barang BM/barang gelap.
ü  Pastikan bahwa laptop tersebut masih ada spare partnya. Gunanya untuk memastikan bahwa spare part laptop itu masih diproduksi. Tidak lucu kan jika layarnya tiba-tiba rusak dan di Indonesia tidak ada yang jual.
ü  Agar anda tidak tertipu oleh si penjual seperti tetangga saya beli laptop bekas seharga 5 juta karena tertarik melihat label “palsu” berisi spesifikasi besar-besaran. Saat mengecek komputer, coba cek spesifikasi yang sebenarnya melalui (khusus untuk sistem operasi Windows) Start->Run->ketik ‘dxdiag’ (tanpa tanda kutip). Disana anda bias melihat prosesor, memory RAM, Harddisk.

Nah mungkin cukup itu aja tips dan trik membeli laptop bekas tapi kualitas bagus. Selanjutnya semuanya saya serahkan kepada anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar