Google merubah tampilan Youtube

Tampilan baru YoutubeJika anda mengunjungi situs YouTube hari ini, Anda akan menemukan wajah baru dari situs video sharing tersebut. Google secara resmi merilis penampilan baru dari YouTube, Jumat (2/11/2011).
Tampilan baru ini memberikan porsi khusus untuk kanal-kanal (Channel) yang ada di YouTube dengan peletakan di bagian kiri memanjang ke bawah. Perubahan terbesar tampak pada channel. Kini, YouTube memiliki jutaan channel. Satu hal yang akan ditemui pengguna adalah adanya fitur tombol 'add channel' di pojok kiri atas laman.
Google menyebut perubahan ini menjadikan "YouTube lebih bersih dan simpel, memiliki latar belakang abu-abu yang konsisten, thumbnail video yang lebih besar, dan jumlah video di streamline yang lebih banyak."

Tidak seperti perusahaan induknya, Google, yang butuh waktu berhari-hari untuk merombak tampilannya. YouTube secara serentak mengubah tampilannya untuk seluruh penggunanya di dunia.

Dengan wajah baru ini, navigasi di situs tersebut menjadi lebih nyaman karena penempatan video-video lebih rapi dan akses ke Channel menjadi lebih mudah. Selain itu, streamline video yang terletak di bagian tengah dapat diatur, video apa saja yang muncul, mirip news feed di Facebook.

Sebelah kiri halaman dikhususkan untuk kolom yang dapat disesuaikan untuk saluran favorit pengguna dan sebagai monitor video yang diposting oleh teman-temannya di jejaring sosial, termasuk Facebook.
Kemudian dibagian tengah halaman situs, menjadi tempat video untuk dimainkan. Seleksi akan berubah ketika pengguna meng klik saluran yang berbeda termasuk daftar yang ada di kolom sebelah kiri.
Sedangkan pada kolom kanan, akan berfungsi untuk merekomendasikan video lainnya berdasarkan jenis klip yang sebelumnya telah ditonton.
Perubahan tampilah pada YouTube, membuat situs ini terlihat lebih bagus dan nyaman, sehingga menjadi lebih menarik untuk menonton video.
Meski demikian, tak banyak perubahan dari sisi fungsionalitas. Perubahan baru ini lebih menonjolkan aspek berbagi ke berbagai media sosial. Yang cukup mengagetkan adalah adanya tombol share ke Facebook, yang bisa disebut pesaing utama dari jejaring sosial Google, berdampingan dengan tombol share Google+ dan Twitter.
Perubahan tampilan YouTube ini memang sejalan dengan rencana make over beberapa produk Google, seperti Google Reader, Gmail, Document, dan Calendar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar