AMD Fusion, Sikut Intel Atom di 2011

AMD Fusion
Netbook berpower lebih efisien dan digerakan AMD Fusion hybrid processor bakal muncul di tahun ini. Chip dengan nama kode Ontario ini mengawinkan CPU dan GPU dalam satu kepingan Silikon. CPU ini berbasiskin arsitektur low power AMD Bobcat dan bakal memungkinkan para produsen netbook menghadirkan mesin lebih mini dan lebih hemat listrik.
Chip Fusion rencananya akan mulai dikapalkan di penghujung tahun ini, lebih cepat dari jadwal semula. CPU perdana akan menggunakan dua Bobcat processor core dan sebuah GPU yang mendukung DirectX 11.0. Menurut Dina McKinney, CPU basis Bobcat juga bakal memiliki performa 90% menyamai processor AMD yang dipakai mainstream PC tetapi menyita space separuh dari space yang ada.
Disamping itu, Bobcat GPU core akan menyedot power kurang dari 1 Watt. Sayang AMD tidak menjelaskan power budget bagi intergrated GPU core. AMD juga enggan menyebutkan nama produsen yang berencana menggunakan chip Fusion. Akan tetapi Dell sebelumnya mengatakan sudah mengevaluasi chip Fusion lantaran power dan ukurannya menguntungkan untuk diusung ke PC.
Perbandingan AMD Fusion dengan uang logam
Para produsen PC tengah berlomba mengerdilkan ukuran laptop dan komputer desktop namun tetap mampu mendongkrak performa aplikasi dan graphics. Prosesor Fusion memungkinkan AMD bersaing melawan Intel di sektor netbook. Intel Atom yang dipakai di banyak netbook sekarang dengan integrasi graphics chip masih lemah di sektor graphics. Prosesor dengan integrasi DirectX 11.0 seharusnya memungkinkan memutar video full 1080p di layar mini. Mampukah AMD Fusion menyikut Intel Atom di Tahun ini? Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar