Kaskus, Situs Forum Terbesar di Indonesia

Forum internet merupakan fasilitas yang terus berkembang dan sekarang bukan hanya sekedar tempat diskusi tapi lebih dari itu. Ada banyak forum di internet yang menarik, dan salah satunya adalah Kaskus.

Kaskus saat ini adalah situs forum komunitas terbesar di Indonesia. Situs yang berdiri sejak tahun 1999 didirikan oleh tiga mahasiswa Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk ini memang bermula dari sekedar hobi dengan komunitas kecil, dan sekarang Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 600 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah mempunyai lebih dari 319 juta posting.

Bila anda membuka Kaskus, mungkin anda akan bertanya, karena alamat situs ini adalah kaskus.us, jadi bukan akhiran com, net, atau co.id. Saat pertama anda mengunjungi situs ini, mungkin tidak seperti kebanyakan situs forum kebanyakan.

Hal ini karena banyak perubahan dan pengenbangan. Banyak link yang terdapat pada halaman depannya. Tetapi pengunjung bisa langsung mendeteksi thread mana yang paling baru dan yang paling banyak postingannya. Pada halaman depan terdapat lima menu utama, tapi ada dua menu yang ditonjolkan, yaitu Forum dan Jual/Beli. Memang kedua forum tersebut cukup banyak pengunjungnya.

Sistem navigasi yang diberikan cukup bagus, meski buat yang pertama ingin gabung akan sedikit bingung dibuatnya karena banyaknya link yang ditampilkan di halaman depan. Apalagi buat calon member baru yang ingin mendaftar, tentu akan sedikit bingung. Unatuk mendaftarkan atau blok login, terdapat diatas sendiri. Memang sekilas tidak kentara, tetapi bila diamati, meka kita bisa langsung menemukannya.

Karena threadnya sangat banyak, maka tidak heran bila situs terlihat rumit. Untuk mengantisipasinya, user bisa memperhatikan navigasi thread yang terdapat dibawah menu utama. Disitu anda bisa langsung menuju dan fokus dengan bahasan yang diinginkan. Misalnya anda ingin memasuki dunia berita dan politik, maka tinggal klik saja link “Berita & Politik”.

Nah, biar lebih afdol dalam berinteraksi dengan sesama member, ada baiknya anda mendaftarkan diri dulu menjadi anggota kaskus. Untuk menjadi anggota, user cukup mendaftarkan saja dengan gratis. Setelah itu anda berhak menyandang gelar kaskuser yang merupakan julukan bagi member Kaskus.

Ada sebuah layanan terbaru dari situs Kaskus  yang menyediakan sistem pembaran secara online yang disebut KasPay. Layanan yang telah diluncurkan November 2009. Layanan transaksi ini dapat digunakan tidak hanya di Kaskus tetapi dapat digunakan terhadap situs-situs lain yang berafliasi dengan KasPay.

Kaspay akan beroperasi layaknya E-wallet yang akan dijadikan alat untuk transaksi jual beli di seluruh transaksi online. Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman dari modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit dan keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail dan catatan transaksi.

Kaskus Radio

Kaskus Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia di bawah naungan komunitas Kaskus. Kaskus Radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari 20 penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama 24 jam ini juga menutarkan lagu dari berbagai bahasa, Inggris, Mandarin, Jepang, Korea,dan masih banyak lagi.

Kaskus Mobile

Kaskus Mobile adalah situs Kaskus yang bisa diakses melalui ponsel. Alamat Kaskus mobile adalah m.kaskus.us dan hanya bisa diakses via ponsel.

Nah, buat kalo yang mau bergabung silahkan akses kaskus.us.

4 komentar:

  1. jasa pemasangan iklan benner... dan lomba gratisan bisa vocer pulsa puluhan ribu hingga seratus ribu secara gratis.. di http://www.togelmalam.com/
    http://www.kosimatu.com/

    BalasHapus
  2. Terimakasih min, infonya sangat bermanfa'at :-)
    Cara mudah belajar WordPress. https://www.tutorialwp.co.id/

    BalasHapus